manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor

Penggunaan daun kelor di kalangan masyarakat serinng ditemukan pada ritual tertentu ataupun campuran ramuan tradisional yang berfungsi sebagai obat. Akan tetapi, ternyata daun kelor tidak hanya dapat digunakan untuk keduanya saja, melainkan masih banyak manfaat daun kelor lainnya yang telah diteliti secara ilmiah.

Daun yang mempunyai nama lain moringa ini sejak dulu dipercaya mampu membantu untuk menjaga kadar gula darah dan mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor juga sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh.

Daun ini memang kerap menjadi komponen pelengkap pada ramuan obat-obatan tradisional dan terkenal baik untuk kesehatan.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan bukan hanya sekadar mitos belaka karena memang faktanya daun ini memiliki banyak sekali khasiat sehingga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Manfaat Daun Kelor

manfaat daun kelor
joglosemarnews.com

Adapun beberapa manfaat yang ada pada daun kelor dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh antara lain adalah.

  1. Memberi Nutrisi bagi Tubuh

Salah satu manfaat utama yang ada pada daun kelor tentu saja adalah memberi nutrisi bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun kelor sangat baik bagi tubuh.

  1. Kaya akan Antioksidan

Adanya kandungan antioksidan pada daun kelor ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga dapat meminimalisir munculnya risiko penyakit diabetes melitus dan jantung.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari daun kelor adalah menurunkan kolesterol yang efeknya setara dengan Anda mengonsumsi oats dan almond secara rutin.

  1. Meminimalisir Risiko Kanker

Daun kelor memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Jadi, dapat dikatakan jika mengonsumsi daun kelor dapat meminimalisir risiko kanker.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada daun kelor yang cukup tinggi dinilai mampu mencegah anemia. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang membahas mengenai hal ini.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidak hanya baik bagi kesehatan, daun kelor juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Adanya kandungan antioksidan dan zat-zat kimia lainnya diyakini mampu meredakan stress serta peradangan yang terjadi di otak. Oleh karena itulah, daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Teh

manfaat daun kelor
doktersehat.com

Setelah mengetahui beragam manfaat daun kelor, tentu Anda akan penasaran bagimana cara mengolah daun tersebut supaya dapat dikonsumsi. Berikut ini adalah cara mengolah daun kelor menjadi teh.

  1. Petik daun kelor segar dan masih mudah secukupnya. Kemudian rendam di dalam air bersih hingga semua kotorannya terangkat.
  2. Selanjutnya keringkan daun kelor dan letakkan di nampan. Usahakan untuk tidak meletakkannya di bawah sinar matahari secara langsung karena dapat merusak kandungan gizi pada daun kelor.
  3. Apabila sudah kering, tumbuk atau blender daun kelor hingga menjadi bubuk halus. Lalu simpan di wadah khusus dan berada di tempat sejuk.
  4. Jika Anda ingin membuat teh, maka Anda dapat mengambil satu hingga dua sendok makan daun kelor yang telah ditumbuk tadi dan seduh dengan air panas. Bagi Anda yang ingin menambah rasa manis, maka sebaiknya tambahkan madu dan jangan menggunakan gula. Segera habiskan teh yang telah diseduh.

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun kelor dan juga cara mengolah daun kelor menjadi teh yang dapat dikonsumsi secara rutin sebagai salah satu cara pengobatan alami.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.